Selasa, 17 Mei 2011

panduan membuat berbagai masin mekanik), yang memuat 50 penemuannya. Sejarawan teknologi dunia seperti: Islamic Technology”, dan Lynn White: menyebutkan bahwa Al Jazari adalah bapak peletak dasar teknik modern dan barat belajar daripadanya.
Didalam buku Al Jazari, yang memuat 50 penemuannya, antara lain berisi:
-         Mekanisme dan metode
Jika dibandingkan dengan teknologi pada era milenium baru tentu karya-karya Al Jazari adalah mekanisme, komponen, idea, metode, serta desain fitur yang digunakan. Teknolog canggih saat ini boleh jadi banyak meniru pada aspek-aspek terpenting yang ditampilkan Al Jazari pada mesin temuannya.
-         Mesin engkol
Al Jazari berhasil meciptakan mesin engkol yang terhubung dengan sistem rod. Mesin yang dimtemukan pada 1206 M itu digunakan pada pompa air.  Digunakan pada pompa air. Mesin engkol ini mampu menghasilkan gerakan berterusan. Penemuan mesin engkol ini begitu penting bagi orang-orang eropa, karena mereka baru menemukannya pada abad ke-15. mesin engkol ini merupakan pengembangan dari engkol tangan yang sebelumnya berkembang di Cina pada era Dinasti Han.
-         Desain dan metode konstruksi
Kita menyaksikan untuk pertama kalinya dalam sistem kerja Al Jazari terdapat beberapa konsep penting dalam desain dan konstruksi, ungkap Donald R Hill, sejarawan teknologi asal inggris. Menurut dia Al Jazari telah memelopori pembelahan kayu untuk meminimalisasi pembengkokan. Dia juga merintis keseimbangan roda statis serta banyak lagi.
-         Mekanisme pelepasan dalam roda berputar
Al Jazari menemukan metode untuk mengendalikan perputaran kecepatan pada sebuah roda dengan menggunakan mekanisme pelepasan.
-         Kontrol mekanik
Menurut Donald R Hill, Al Jazari telah merintis apa yang disebut dengan kontrol mekanik. Hal itu dibuktikan dengan sebuah pintu besi yang besar sebuah kombinasi kunci dan sebuah kunci dengan baut.
-         Roda gigi
Segmental gear (roda gigi) merupakan penemuan pentting lainnya dari Al Jazari. Dia merupakan insinyur perintis yang menemukan roda gigi. Penemuannya itu jauh mendahului jam astronomi Giovani de Dondi pad tahun 1364, dan karya Fransesco di Giorgio (1501 M) dalam khasanah desain permesinan eropa.

-         Mesin pompa air
Al Jazari menemukan lima mesin untuk memompa air, seperti watermill dan water wheel. Dalam pembuatan mesin pompa air ini, Al Jazari memperkenalkan ide-ide yang paling penting serta komponen-komponen.
-         Saqiya
Al Jazari pertama kali menggunakan mesin engkol untuk mesin saqiya. Kala itu, Al Jazari memikul tanggung jawab untuk merancang lima mesin. Dua mesin pertamanya merupakan modifikasi terhadap Shaduf, mesin ketiganya adalah pengembangan dari Saqiya dimana tenaga air menggantikan tenaga binatang. Satu mesin yang sejenis dengan Saqiya diletakan di sungai Yazid di Damaskus dan diperkirakan mampu memasok kebutuhan air di rumah sakit yang berada di dekat sungai tersebut.
-         Sistem pemasok air
Al Jazari merupakan insinyur pertama yang mengembangkan sistem penyuplai air yang digerakan dengan roda gigi dan tenaga air. Teknologi ini dikembangkan di Damaskus untuk menyuplai air ke mesjid dan Bimaristan atau rumah sakit.
-         Otomatis
Al Jazari menemukan alat yang bergerak otomatis yang menggunakan tenaga air, dia juga menciptakan pintu otomatis sebagai pengembangan jam airnya. Dia juga mendesain dan merancang sejumlah automat lainnya, seperti mesin otomatis, peralatan rumah tangga dan automata musik yang digerakan air.
-         Jam
Al Jazari juga merancang dan membuat beragam jam. Ada jam air, jam astronomi, serta jam lilin. Jam air yang diciptakannya sempat direkontruksi secara sukses di Science Museum di London pada 1976. Al Jazari juga sukse membuat jam astronomi dengan energi air yang dapat memperlihatkan pergerakan model matahari, bulan dan bintang. Jam astronomi paling tinggi yang diciptakannya mencapai 11 kaki (3,35 meter).
(Surat kabar Republika, 19 Maret 2008, hal 8)
a.       Teknologi Militer dan Pesawat Terbang
Dalam kesultanan Utsmany (Turki), yang berkuasa selama 1290-1919 M, telah mengembangkan teknologi meriam yang paling modern pada zamannya. Pada zaman Sultan Mahmud II, telah memesan meriam berukuran raksasa, yang belum ada sebelumnya.
Berat meriam raksasa yang dikenal oleh Barat dengan nama meriam Mahmud II itu mencapai 8 ton. Panjangnya 5,33 meter yang diameternya mencapai 0,635 meter dan lubang mesiunya / pelurunya berdiameter 0,248 meter. Para desainer dan insinyur muslim yang ahli pada teknologi persenjataan, yang terkenal pada saat itu antara lain; Sanuca Usta dan Muslihiddin Usta.
Dalam menaklukan kota Konstantinopel – ibukota kerajaan Byzantium, meriam Mahmud II yang menghancurkan benteng pertahanan kota tersebut. Kemudian dalam pertempuran “Dardamillis”, meriam ini pulalah yang menenggelamkan enam kapal Sir John Docksworth. Jangkauan meriam Mahmud II mampu melintasi selat sejauh satu mil. Meriam Mahmud II, sekarang tersimpan di Fort Nelson Museum Inggris.
Kemudian insinyur muslim Hasan ar Rahmad pada abad ke-13 mengungkapkan tentang torpedo yang digerakan oleh sistem roket yang berisi bahan peledak. Banyak buku-buku roket. Selain itu upaya penerbangan yang menarik dilakukan oleh idea ilmuan muslim Turki, Hazarfan Ahmad Celebi dan Lagard Hasan Celebi pada tahun 1630-1632 M, pada saat pemerintahan Sultan Murad IV. Disaksikan oleh Sultan Murad IV, Hazarfan Ahmad Celebi, pertama kali mencoba terbang sebanyak delapan kali dengan sayap elang menggunakan tenaga angina, ia terbang dari bangunan tinggi bernama Sinar Pasha di sarayburmu, dari puncak menara Galata dan mendarat di Dogancila Square, yang terletak di Uskuda dengan bantuan angin dari arah barat daya. Atas prestasinya, Sultan menghadiahkan koin emas, Lagard Hasan Celebi, dengan menggunakan tujuh sayap roket dan mendarat dengan selamat di laut. (Surat kabar Republika, 12 Maret 2008, hal 5)

II.                  Musuh-Musuh Umat Islam
Kemudian secara Qurani kaum kafir ini dinyatakan musuh bagi kaum Muslimin, sebagaimana firman Allah S.W.T dalam surat: 4 (An Nisa): 101 yang berbunyi:
“dan apabila kamu berpergian dimuka bumi, maka tidaklah mengapa kamu mengqashar sembahyang (mu), jika kamu takut diserang orang-orang kafir. Sesungguhnya orang-orang kafir itu adalah musuh nyata bagimu”.
Dan menurut Al Quran, kaum kafir ini terdiri atas kelompok Ahli Kitab (Yahudi dan Kristen), Musyrik (semua agama politheis), Munafiq, dan Atheis. Keterangan ini antara lain kita peroleh dari firman Allah S.W.T dalam surat: 98 (Al Bayyinah): 6, yang berbunyi:
“Sesungguhnya orang-orang kafir yaitu Ahli Kitab dan orang-orang musyrik (akan masuk) ke neraka jahanam; mereka kekal didalamnya. Mereka itu adalah seburuk-buruk makhluk”.
A.         Kelompok Yahudi / Israel
Firman Allah S.W.T dalam surat: 5 (Al Maidah): 78:
“Telah dikutuk orang-orang kafir dari Bani Israel dengan lisan Dawud dan Isa Putera Maryam. Yang demikian itu disebabkan mereka durhaka dan selalu melampaui batas”.
Sayid Qutb dalam mengomentari ayat ini menyatakan: “demikianlah permulaan sejarah Bani Israel didalam kekafiran dan kedurhakaan serta kutukan. Para Nabi yang diutus memberi 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar